Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran – VPdotCOM — Saat ini para guru sedang mencari bahan referensi untuk menyusun RPP dalam format lembar terbaru. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang tertulis dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa RPP hanya membutuhkan satu halaman/lembar. Namun bukan berarti tidak boleh lebih dari satu lembar. Ingat bapak dan ibu, jangan salah paham. Bahan dasar harus disertakan

Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Atau rencana pelaksanaan pembelajaran guru ada tiga. Tiga tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( Rpp ) Tema Rekreasi

Jika sebelumnya ada 13 komponen dan ratusan lembar kertas yang bisa digunakan, tahun ini guru bisa leluasa membuat RPP sendiri. Bahkan bisa direduksi menjadi satu lembar saja.

Namun konten RPP harus tetap berkualitas dan model pembelajaran yang diajarkan juga harus kreatif. Tetap mengacu pada kurikulum dan diajarkan oleh guru sesuai Kompetensi Dasar masing-masing mata pelajaran (isi kurikulum).

Perlu ditegaskan, hingga saat ini Kemendikbud belum pernah menyebarkan Permendikbud dalam format standar RPP 1 lembar. Oleh karena itu, belum ada format RPP resmi dari pemerintah. Yang menyebar di internet, seperti jejaring sosial, dll, karena guru ingin membagikannya. ini bukan format standar, silakan kembangkan sendiri.

Sesuai judul artikel, penulis akan membagikan contoh format RPP 1 lembar untuk siswa SMA. Berikut ini adalah contoh lampiran template RPP SMP satu halaman yang dapat dijadikan referensi bagi guru dalam menyusun materi pembelajaran.

Ruang Kepala Sekolah: Contoh Rpp Inspirasi Merdeka Belajar Tahun 2020 Untuk Tingkat Paud, Sd, Smp, Sma, Smk, Dan Slb

Contoh materi primer, Sistem reproduksi manusia dengan pembelahan sel sekunder (mitosis dan meiosis). Ia mengajar kelas IKS pada semester ganjil. Waktu yang tersedia adalah 2 X 40 menit.

, teknik ATM dan pendekatan ilmiah. Siswa mampu: a) mendeskripsikan tahapan mitosis dan meiosis, b) menjelaskan ciri-ciri setiap tahapan mitosis dan meiosis, dan c) menjelaskan ciri-ciri atau sifat sel anak mitosis dan meiosis. Dengan semangat belajar yang tinggi, tanggung jawab, disiplin dalam proses pembelajaran, jujur, baik hati, percaya diri dan pantang menyerah, cepat tanggap (berpikir kritis) dan sikap proaktif (kreatif), serta komunikasi dan kolaborasi yang baik kemampuan. .

Meningkatnya suhu global: Jelajahi tren kenaikan suhu global, termasuk dampaknya terhadap cuaca ekstrem, pola musiman, dan lingkungan laut. Rencana Kinerja Pembelajaran (LPP) disajikan dalam satu halaman yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran, pembelajaran. kegiatan dan penilaian. Rencana pembelajaran satu halaman bertujuan untuk memberikan kebebasan berekspresi kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada saat pelaksanaan, guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan siswa.

Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran berasal dari kompetensi dasar dan dibagi menjadi kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan yang mengikuti sintaksis model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Kegiatan pembelajaran harus dilengkapi dengan dokumen pendukung, misalnya kegiatan eksperiensial harus dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan.

Rpp 1 Lembar Kelas 5 Sd/mi Kurikulum 2013

Langkah-langkah tes dapat ditulis sebagai petunjuk praktis. Penilaian yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dalam pelaksanaannya, proses evaluasi memerlukan rubrik yang disusun oleh masing-masing guru sesuai dengan proses pembelajaran yang telah dijalaninya.

Suatu kegiatan sekaligus dapat mencakup tiga aspek penilaian. Misalnya ketika siswa melakukan eksperimen, guru dapat mengevaluasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa. Setelah melaksanakan proses pembelajaran, guru harus menganggap dirinya sebagai bentuk penilaian formatif. Hasil refleksi ini dijadikan masukan untuk pelaksanaan proses pembelajaran selanjutnya.

Bangga! Siswa dan kawan-kawan Penabur mengantarkan Indonesia meraih medali pada International Chemistry Olympiad (IChO) ke-56 di Riyadh, Arab Saudi

Artikel Terkait

Leave a Comment